Audit Sektor Publik


audit sektor publik

Audit sektor publik adalah jasa penyelidikan bagi masyarakat atas organisasi publik dan politikus yang sudah mereka bayar.

Hal ini memberikan keuntungan yang lebih besar di mana janji yang dibuat oleh para politisi dapat diperiksa secara profesional oleh pihak independen.

Sebagaimana kita lihat bahwa legislatif yang mengesahkan berbagai tingkat dari pengawasan dan pemeriksaan bagi kebanyakan sektor publik, tetapi hukum tidak membahas lebih khusus mengenai standar audit.

Kebanyakan audit sektor pubik mencakup interpretasi audit organisasi berkaitan dengan hukum yang meliputi standar dan batasan yang tercakup dalam bagian akuntansi.

Audit secara individual sudah ditetapkan dengan jelas, undang-undang atau kesepakatan yang sudah dibuat oleh pemerintah merupakan bagian dari organisasi audit. Audit sektor publik secara jelas menunjukkan perbedaan antara kewajiban dan tugas, dari sertifikasi akuntan yang merupakan hal yang mirip sampai audit terhadap organisasi khusus, penugasan atas pemeriksaan kecurangan dan korupsi serta value for money audit. Auditor tidak dapat menvusun laporannya dalam satu jenis pekerjaan.

Kegiatan audit sektor publik meliputi perencanaan, pengendalian, pengumpulan data, pemberian opini, dan pelaporan. Permasalahan pokok dari proses audit adalah memberikan sasaran yang jelas dalam pelaksanaannya. Hal ini diperoleh setelah melalui proses pengetesan.

 

Objek Audit Sektor Publik
Agar proses audit menjadi suatu bagian yang dapat dipahami, diperlukan suatu definisi atas objek audit sektor publik. Auditor sektor publik sangat  berkepentingan dengan aktivitas entitas yang dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini merupakan perhatian utama auditor sektor publik selama melaksanakan pekerjaan audit hingga auditor mengeluarkan pendapatnya.

Objek audit lainnya adalah pengorganisasian entitas. Pengorganisasian di sini meliputi dua aspek, yaitu bagaimana hubungan eksternal dan internal yang ada dalam organisasi. Dalam aspek hubungan eksternal, auditor harus familiar dengan klien-klien organisasi. Lebih dari itu, auditor harus mengetahui perbedaan dan persamaanan antara entitas yang menjadi kliennya dengan entitas-entitas lainnya. Auditor juga harus mengetahui aspek-aspek yang menjadi keunikan organisasi. Pemahaman atas aspek hubungan eksternal ini dapat memberikan auditor data-data yang dapat dipertanggungjawabkan yang disajikan dalam laporan keuangan.

Aspek hubungan internal suatu organisasi, atau dapat juga disebut sebagai struktur organisasi, juga menjadi perhatian utama auditor. Struktur organisasi adalah divisi kerja dalam organisasi dan orang-orang yang melakukan pekerjaan dalam divisi kerja tersebut. Kelemahan di dalam struktur organisasi internal dapat menyebabkan terjadinya perekaman akuntansi yang tidak tepat, menyesatkan, dan mungkin menimbulkan kecurangan.

Audit sektor publik berbeda dengan audit pada sektor bisnis atau audit sektor swasta. Audit sektor publik dilakukan pada organisasi pemerintahan yang bersifat nirlaba seperti sektor pernerintahan daerah (pemda), BUMN, BUMD, dan instansi lain yang berkaitan dengan pengelolaan aset kekayaan Negara. Sedangkan kalau audit sektor bisnis dilakukan pada perusahaan-perusahaan milik swasta yang bersifat mencari laba. Audit sektor publik dan audit sektor bisnis (swasta) sama-sama terdiri dari Audit Keuangan (financial Audit), Audit Kinerja (Performance Audit), dan Audit Investigasi (Special Audit).

 

Tipe-Tipe Audit Sektor Publik
Bagian ini akan dijelaskan jenis-jenis audit yang dilaksanakan atas semua kegiatan Pemerintahan yang tercermin dalam APBN, APBD, kegiatan BUMD/ BUMN, serta kegiatan yayasan atau badan hukum lain yang didirikan oleh Pemerintah atau mendapat bantuan Pemerintah. Audit yang diselenggarakan atas kegiatan tersebut dapat dibagi menjadi audit keuangan dan audit kinerja.

Pada setiap audit, perlu dimulai dengan penetapan tujuan untuk menentukan jenis audit yang dilaksanakan serta standar audit yang harus diikuti oleh auditor. Audit dapat mempunyai gabungan tujuan dari audit keuangan dan audit kinerja, atau dapat juga mempunyai tujuan yang terbatas pada beberapa aspek dari masing-masing jenis audit diatas. Misalnya, pelaksanaan audit atas kontrak pemborongan pekerjaan atau atas bantuan Pemerintah kepada yayasan atau badan hukum lainnya; tujuan audit yang demikian seringkali mencakup baik tujuan audit keuangan maupun tujuan audit kinerja. Audit semacam ini umumnya disebut audit kontrak atau audit bantuan. Audit atas pelaksanaan sistem pengendalian intern, atas masalah yang berkaitan dengan ketaatan pada peraturan perundang-undangan, atau atas suatu sistem berbasis komputer.

Audit Keuangan (Financial Audit)

Secara spesifik pendefinisian suatu audit atas laporan keuangan dapat dikemukakan sebagai berikut:

Tujuan pengujian atas laporan keuangan oleh auditor independen adalan merupakan ekspresi suatu opini secara jujur tentang posisi keuangan, hasil operasi dan aliran kas yang disesuaikan dengan prinsip akuntansi berterima umum. Laporan auditor merupakan media yang mengekspresikan opini auditor atau, dalam kondisi tertentu, menyangkal suatu opini.

Audit Kinerja (Performance Audit)

Audit kinerja adalah pemeriksaan secara objektif dan sistematik terhadap berbagai macam bukti, untuk dapat melakukan penilaian secara independen atas kinerja entitas atau program/kegiatan Pemerintah yang diaudit. Dengan audit kinerja dimaksudkan untuk dapat meningkatkan tingkat akuntabiltas Pemerintah dan memudahkan pengambilan keputusan oleh pihak yang bertanggung jawab untuk mengawasi atau memprakarsai tindakan koreksi. Audit kinerja mencakup audit tentang ekonomi, efisiensi, dan program.

Posted from WordPress for Novia BlackBerry.

Leave a Reply for Novia

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s