Pasar Modal Yang Efisien Dan Analisis Sekuritas


Pasar modal yang efisien merupakan pasar yang dapat menyediakan jasa jasa yang diperlukan oleh para pemodal dengan biaya yang minimal.

Efisiensi eksternal sesuai dengan pengertian efisiensi mikro pasar modal yaitu suatu kondisi seberapa jauh pasar modal informationally efficient (efisien secara informasional).

Pasar modal yang efisien
Secara formal pasar modal yang efisien didefinisikan sebagai pasar yang harga sekuritas sekuritasnya telah mencerminkan semua informasi yang relevan.
Semakin cepat informasi baru tercermin pada harga sekuritas maka semakin efisien pasar modal tersebut. Dengan demikian akan sangat sulit bagi para pemodal untuk mendapatkan tingkat keuntungan diatas normal (tingkat keuntungan diatas normal diperoleh apabila tingkat keuntungan yang direalisir lebih tinggi dari tingkat keuntungan yang diharapkan) secara konsisten dengan melakukan transaksi perdagangan dibursa efek. Efisiensi dalam artian ini sering juga disebut sebagai efisiensi informasional.

teori pasar modal yang efisien
Pasar modal yang efisien didefinisikan sebagai pasar modal yang harga sekuritasnya mencerminkan semua informasi relevan.
Klasifikasi tipe informasi :
1. Past price changes (perubahan harga diwaktu yang lalu)
2. Informasi yang tersedia di publik (public information)
3. Informasi yang tersedia baik kepada publik maupun tidak (public and private information)

Tiga bentuk tingkatan untuk menyaktakan efisiensi pasar modal , antara lain :
1. Keadaan dimana harga mencerminkan semua informasi yang ada pada catatan diwaktu yang lalu. Keadaan dimana pemodal tidak dapat memperoleh tingkat keuntungan diatas normal dengan menggunakan trading rules yang berdasarkan informasi harga diwaktu yang lalu. Keadaan ini disebut sebagai bentuk efisiensi yang lemah.

2. Keadaan dimana harga bukan hanya mencerminkan harga diwaktu yang lalu tetapi semua informasi yang dipublikasikan. Keadaan ini disebut dengan bentuk efisiensi stengah kuat dimana pemodal tidak bisa memperoleh keuntungan diatas normal dengan memanfaatkan public information.

3. Bentuk efisiensi yang kuat dimana harga tidak hanya mencerminkan semua informasi yang dipublikasikan tetapi juga informasi yang dapat diperoleh dari analisa fundamental tentang perusahaan dan perekonomian. Pada keadaan ini pasar modal menjadi seperti rumah lelang dimana harga selalu wajar dan tidak ada investor yang mampu memperoleh perkiraan yang lebih baik tentang harga saham.

Pasar modal yang secara informasional efisien adalah pasar modal yang harga sekuritasnya mencerminkan semua informasi yang relevan. Pada umumnya efisiensi pasar modal dibagi menjadi efisiensi bentuk lemah, bentuk setengah kuat dan bentuk kuat.

Efisiensi bentuk lemah berarti para pemodal tidak dapat memperoleh abnormal returns dengan menggunakan informasi perubahan harga saham diwaktu lalu.
Bentuk stengah kuat artinya para pemodal tidak bisa memperoleh abnormal returns dengan menggunakan informasi yang telah menjadi milik publik.
Bentuk kuat berarti para pemodal tidak dapat memperoleh abnormal returns dengan menggunakan informasi yang menjadi milik publik maupun tidak.

Penelitian awal efisiensi pasar modal umumnya menunjukkan berlakunya hipotesa pasar yang efisien diberbagai pasar modal dalam keadaan lemah maupun stengah kuat.
Namun penelitian akhir menunjukkan adanya berbagai anomalies tentang efisiensi pasar modal.
Anomalies berkaitan dengan size, price earning ratio yang berkaitan dengan model yang digunakan (model gagal mempertimbangkan adanya faktor tertentu dalam analisis) dan masalah statistik lainnya.

Penelitian efisiensi bentuk kuat banyak dilakukan pada berbagai mutual funds yang dikelola secara profesional, masih menunjukkan hasil yang belum konklusif.

Posted from WordPress for Novia BlackBerry.

Leave a Reply for Novia

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s