Pasar Modal Internasional Terintegrasikan Sepenuhnya


Secara teoritis pasar modal internasional yang terintegrasikan sepenuhnya (tidak ada hambatan apapun untuk memiliki sekuritas disetiap pasar modal, dan juga tidak ada hambatan dalam capital inflows/outflows) akan menciptakan biaya modal yang lebih rendah daripada jika pasar modal tidak terintegrasikan. Hal ini disebabkan karena para pemodal bisa melakukan diversifikasi investasi dengan lebih luas (bukan hanya antar industri tetapi juga antar negara) karena resiko yang relevan bagi para pemodal hanyalah resiko yang tidak dapat dihilangkan dengan diversifikasi. Maka semakin besar bagian resiko total yang bisa dihilangkan dengan diversifikasi semakin menarik diversifikasi internasional bagi para pemodal.

Pasar modal indonesia dikategorikan sebagai pasar modal yang masih tersegmentasikan. Pasar modal yang tersegmentasikan ditafsirkan bahwa pembentukan harga saham saham dipasar modal tersebut dipengaruhi oleh kondisi ekonomi dan bisnis negara setempat, belum banyak dipengaruhi oleh kondisi bursa bursa diluar negeri. Namun demikian, dengan banyaknya proporsi saham yang dimiliki oleh pemodal asing, proporsi perubahan IHGS makin banyak perubahan indeks dibeberapa bursa di Asia Pasifik.

Penelitian tentang pengaruh faktor domestik dan internasional terhadap return saham individual. Faktor domestik masih berpengaruh besar terhadap pricing saham individual.

Pasar modal tidak hanya terdapat dinegara industri barat tetapi juga dinegara dunia ketiga dan bekas negara komunis. Terbukanya suatu pasar modal bagi pemodal asing merupakan alternatif pemodal asing untuk melakukan diversifikasi dipasar modal internasional. Untuk melakukan investasi diluar negeri, pemodal tidak lagi harus melakukan direct investment. Umumnya banyak negara yang memperkenankan pemodal asing ikut membeli sekuritas yang diperdagangkan dibursa negara tersebut, meskipun disertai dengan beberapa batasan dengan maksud untuk meningkatkan demand akan sekuritas. Hal ini disebabkan karena adanya keseringan keterbatasan dana domestik.

Apabila pemodal asing diperkenankan ikut membeli sekuritas yang terdaftar dibursa, makan akan terjadi mekanisme pembentukan harga yang lebih luas. Resiko dan tingkat keuntungan yang diharapkan akan dipengaruhi bukan oleh kesempatan investasi dalam negeri tetapi juga luar negeri. Faktor yang perlu diperhatikan dalam perhitungan resiko dan tingkat keuntungan adalah perubahan kurs valuta asing.

Dalam setting internasional, hubungan resiko dan tingkat keuntungan yang diharapkan akan berlaku secara internasional.

Posted from WordPress for Novia BlackBerry.

Posted from WordPress for Novia BlackBerry.

Posted from WordPress for Novia BlackBerry.

Posted from WordPress for Novia BlackBerry.

Posted from WordPress for Novia BlackBerry.

Leave a Reply for Novia

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s