Pasar Modal


PASAR MODAL DI INDONESIA

SAHAM

Pengertian Saham
Saham adalah  tanda penyertaan atau kepemilikan seseorang atau badan dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas.
Wujud saham adalah selembar kertas yang menerangkan bahwa pemilik kertas tersebut adalah pemilik perusahaan yang menerbitkan surat berharga tersebut. Porsi kepemilikan ditentukan oleh seberapa besar penyertaan yang ditanamkan di perusahaan tersebut (Darmadji dan Fakhruddin, 2001: 5).

Jenis Jenis Saham
Ditinjau dari segi kemampuan dalam hak tagih atau klaim
Saham Biasa ( Common Stock )
Mewakili klaim kepemilikan pada penghasilan dan aktiva yang dimiliki perusahaan. Pemegang saham biasa memiliki kewajiban yang terbatas. Artinya, jika perusahaan bangkrut, kerugian maksimum yang ditanggung oleh pemegang saham adalah sebesar investasi pada saham tersebut.

Saham Preferen ( Preferred Stock )
Saham yang memiliki karakteristik gabungan antara obligasi dan saham biasa, karena bisa menghasilkan pendapatan tetap (seperti bunga obligasi), tetapi juga bisa tidak mendatangkan hasil, seperti yang dikehendaki investor.
Serupa saham biasa karena mewakili kepemilikan ekuitas dan diterbitkan tanpa tanggal jatuh tempo yang tertulis di atas lembaran saham tersebut; dan membayar deviden.
Persamaannya dengan obligasi adalah adanya klaim atas laba dan aktiva sebelumnya, devidennya tetap selama masa berlaku dari saham, dan memiliki hak tebus dan dapat dipertukarkan (convertible) dengan saham biasa.

Ditinjau dari cara peralihannya
Saham Atas Unjuk (Bearer Stocks)
Pada saham tersebut tidak tertulis nama pemiliknya, agar mudah dipindahtangankan dari satu investor ke investor lainnya. Secara hukum, siapa yang memegang saham tersebut, maka dialah diakui sebagai pemiliknya dan berhak untuk ikut hadir dalam RUPS.

Saham Atas Nama (Registered Stocks)
Merupakan saham yang ditulis dengan jelas siapa nama pemiliknya, di mana cara peralihannya harus melalui prosedur tertentu.

Ditinjau dari kinerja perdagangan
Blue – Chip Stocks
Saham biasa dari suatu perusahaan yang memiliki reputasi tinggi, sebagai leader diindustri sejenis, memiliki pendapatan yang stabil dan konsisten dalam membayar dividen.

Income Stocks
Saham dari suatu emiten yang memiliki kemampuan membayar dividen lebih tinggi dari rata-rata dividen yang dibayarkan pada tahun sebelumnya.
Emiten seperti ini biasanya mampu menciptakan pendapatan yang lebih tinggi dan secara teratur membagikan dividen tunai. Emiten ini tidak suka menekan laba dan tidak mementingkan potensi.

Growth Stocks
Well – Known
Saham-saham dari emiten yang memiliki pertumbuhan pendapatan yang tinggi, sebagai leader di industri sejenis yang mempunyai reputasi tinggi.

Lesser – Known
Saham dari emiten yang tidak sebagai leader dalam industri, namun memiliki ciri growth stock. Umumnya saham ini berasal dari daerah dan kurang populer di kalangan emiten.

Speculative Stock
Saham suatu perusahaan yang tidak bisa secara konsisten memperoleh penghasilan dari tahun ke tahun, akan tetapi mempunyai kemungkinan penghasilan yang tinggi di masa mendatang, meskipun belum pasti.

Counter Cyclical Stockss
Saham yang tidak terpengaruh oleh kondisi ekonomi makro maupun situasi bisnis secara umum.
Pada saat resesi ekonomi, harga saham ini tetap tinggi, di mana emitennya mampu memberikan dividen yang tinggi sebagai akibat dari kemampuan emiten dalam memperoleh penghasilan yang tinggi pada masa resesi.
Jenis saham terbaru yang diperdagangkan di BEI , yaitu ETF (Exchange Trade Fund) adalah gabungan reksadana terbuka dengan saham dan pembelian di bursa seperti halnya saham di pasar modal bukan di Manajer Investasi (MI)

OBLIGASI

Jenis Jenis Obligasi
Obligasi dengan jaminan dan obligasi tanpa jaminan
Obligasi dengan jaminan (Secured Bond) memiliki aset khusus untuk dijadikan jaminan atas penerbitan obligasi tersebut. Contohnya adalah real estate

Obligasi hipotek (mortgage bond) obligasi yang dijamin dengan aset khusus yang disisihkan untuk melunasi obligasi itu disebut obligasi dana pelunasan (sinking fund bond)

Obligasi tanpa jaminan (unsecured bond) diterbitkan melalui kredit umum peminjam. Obligasi tersebut yang dinamakan obligasi debentur (debentured bond) digunakan oleh perusahaan besar yang memiliki peringkat kredit yang baik.

Obligasi berjangka dan obligasi berseri
Obligasi berjangka (Term Bond) adalah obligasi yang jatuh tempo pada waktu yang bersamaan di masa mendatang

Obligasi berseri (Serial Bond) adalah obligasi yang jatuh tempo pada waktu yang berbeda (secara berangsur angsur)

Obligasi atas nama dan obligasi atas unjuk
Obligasi atas nama (Registered Bond)
Obligasi ini adalah obligasi yang diterbitkan atas nama pemilik. Pembayaran bunga pada obligasi atas nama dilakukan dengan memeriksa catatan pemegang obligasi.

Obligasi atas unjuk (Bearer Coupon Bond)
pemegang obligasi atas unjuk harus mengirim kupon untuk menerima pembayaran bunga. Kupon obligasi dapat dipindahtangankan kepada pihak lain. Sebaliknya pemindah kepemilikan obligasi atas nama mengharuskan pembatalan obligasi oleh perusahaan dan penerbitan obligasi baru. Kebanyakan obligasi yang diterbitkan saat ini adalah obligasi atas nama.

Obligasi konvertible dan obligasi yang dapat ditarik
Obligasi yang dapat dikonversi atau Konvertible Bond
Obligasi ini adalah obligasi yang dapat dikonversi menjadi saham umum berdasarkan pilihan dari pemegang obligasi

Obligasi yang dapat ditarik kembali atau Callable Bond
Obligasi ini adalah obligasi yang dapat ditarik kembali oleh perusahaan sebelum jatuh tempo

DERIVATIF

Pengertian Derivatif
Pasar derivatif adalah tempat diperdagangkannya surat-surat berharga yang nilainya didasarkan aset yang mendasarinya (Underlying Asset atau Elementary Asset).
Pengertian transaksi derivatif adalah suatu perjanjian antara dua pihak yang saling berhubungan (Counterparties). Secara umum transaksi derivatif dapat didefinisikan sebagai perjanjian atau kontrak antara dua pihak dimana pembayaran atau pertukaran atas Cash Flow didasarkan pada nilai Asset Underlying transaksi derivatif saat ini diantaranya interest rate, currency, commodity, equity dan index lainnya.

Transaksi derivatif bisa dilakukan di bursa maupun di luar bursa (over the counter) yaitu kontrak-kontrak yang dapat dinegosiasikan secara pribadi dan ditawarkan langsung kepada pengguna akhir, sebagai lawan dari kontrak-kontrak yang telah distandarisasi (futures) dan diperjualbelikan di bursa. Pasar modal sebagai salah satu alternatif sumber pembiayaan dan wahana investasi telah menjadi salah satu indikator ekonomi Indonesia. Faktor yang turut menentukan dalam mengembangkan pasar modal adalah tersedianya instrumen investasi yang lebih variatif. Pasar derivatif bukanlah judi, tetapi spekulasi. Anggapan tentang judi inilah yang menyebabkan pasar derivatif tidak berkembang dengan baik.

Pasar kontrak berjangka adalah sangat berguna bagi masyarakat Indonesia, sebab secara makro keberadaan pasar derivatif akan membantu terciptanya pasar keuangan yang efisien sehingga pada akhirnya juga akan mem-bantu sektor real (dunia usaha) mendapatkan modal usaha secara efisien. Dengan pasar keuangan yang efisien dalam arti transparan dan transaksi tidak tinggi biayanya, sama dengan risiko ketidak pastian berusaha di Indonesia akan semakin kecil, dan dunia luar akan melihat Indonesia sebagai pilihan berinvestasi, sehingga akan terjadi Capital Inflow yang sangat berguna untuk membantu pembangunan ekonomi di Indonesia. Peranan pasar derivatif menunjang transparansi pasar keuangan, dan sangat pentingnya masalah transparansi.

Peranan pasar derivatif  bagi perekonomian suatu negara
Transfer of risk
Transfer of risk yaitu sebagai alat memindahkan risiko dari pelaku ekonomi yang ingin menghindari risiko keuangan kepada pihak yang bersedia menanggung risiko.

Price discovery
Price discovery yaitu memungkinkan tersedianya informasi tentang transaksi perdagangan berbagai macam aset (diantaranya keuangan, komoditi, indeks) di masyarakat secara tepat waktu, komprehensif, melalui media elektronik maupun cetak sehingga harga-harga di masyarakat sehari-hari berdasarkan kekuatan penawaran dan permintaan.

Market integrity
Market integrity yaitu pasar derivatif yang diselenggarakan secara baku melalui bursa (Futures Exchange) dan adanya Clearing House menjadikan transaksi yang pasti dan terpercaya.

Liquidity
Liquidity yaitu tersedianya sumber daya (pendanaan) untuk memenuhi kewajiban

Enhance Eficiency
Enhance Eficiency merupakan modal dalam transaksi derivatif relatif kecil dan dilakukan secara transparan.

Jenis-Jenis Instrumen Derivatif
Forward
Forward merupakan kontrak atau perjanjian jual beli (komoditas) dengan ketentuan harga tertentu di masa yang akan datang (tidak terjadi di bursa).

Futures
Futures merupakan kontrak atau perjanjian jual beli (non komoditas) dengan ketentuan harga tertentu di masa yang akan datang (terjadi di bursa).
Futures atau kontrak berjangka merupakan suatu kontrak/perjanjian untuk menjual atau membeli suatu produk pada waktu tertentu dengan harga tertentu.
Objek/produk yang diperjualbelikan disebut dengan variabel pokok (underlying assets) yang pada umumnya berupa saham, indeks saham, komoditi, mata uang asing, suku bunga, dll. Harga tertentu adalah harga kontrak berjangka di bursa yang terjadi berdasarkan tawar menawar antara pembeli dan penjual.

Swaps
Swaps merupakan kontrak berjangka untuk mata uang asing dan suku bunga.

Option
Option merupakan pemberian hak bagi pemegang opsi untuk menjual atau membeli aset tertentu (underlying assets).
Option merupakan suatu jenis kontrak antara dua pihak dimana satu pihak memberi hak kepada pihak lain untuk membeli aset tertentu pada harga dan periode tertentu. Di sisi lain kontrak juga mengizinkan Pihak untuk menjual aset pada harga dan periode tertentu. Pihak yang membayar dan menerima hak disebut pembeli option sedang pihak yang menjual disebut penjual option. Option tidak akan bernilai jika pada tanggal jatuh temponya kontrak tersebut tidak dilaksanakan. Pemegang option tidak diwajibkan untuk melaksanakan haknya atau akan melaksanakan haknya jika perubahan dari harga underlying asset nya akan menghasilkan keuntungan baik dengan menjual atau membeli underlying asset tersebut.

Posted from WordPress for Novia BlackBerry.

Posted from WordPress for Novia BlackBerry.

Posted from WordPress for Novia BlackBerry.

Posted from WordPress for Novia BlackBerry.

Leave a Reply for Novia

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s