Cardcaptor Sakura


Animasi ini berkisah tentang Sakura Kinomoto, yang dalam versi animasinya, dikisahkan secara tidak sengaja membuka sebuah buku berisi Clow Card. Saat buku itu terbuka, semua kartu-kartu ciptaan Clow Reed sebanyak 52 lembar (17 lembar dalam manga) berhamburan ke seluruh penjuru kota Tomoeda. Adalah tugas dari Sakura untuk mengumpulkan kembali kartu-kartu itu dibantu makhluk bernama Cerberus, yang muncul bersamaan saat buku itu terbuka.
Dalam perjalanannya, Sakura ditemani oleh:
Tomoyo Daidouji, yang selalu mengambil gambar Sakura saat menyegel kartu Clow.
Li Syaoran yang pada awalnya bersaing dengan Sakura dalam mengumpulkan Clow Card, namun akhirnya justru jatuh cinta dengan Sakura.
Pada sesi pertama dan kedua anime ini, kisah masih seputar bagaimana Sakura mengumpulkan seluruh kartu Clow yang terpencar. Sebagian kartu yang disegel oleh Sakura menjadi milik Sakura atau Syaoran, tergantung siapa yang berhasil mengalahkan kartu tersebut. Pada akhir sesi, terjadi pertarungan untuk menentukan pemilik baru dari kartu dan kedua penjaga kartu tersebut, yakni Yue yang memiliki wujud sementara Yukito, dan Cerberus yang dalam versi Indonesia disebut Kero.
Sesi ketiga anime ini berlanjut dengan usaha Sakura untuk mengubah kartu Clow menjadi kartu Sakura yang baru, setelah ia ditetapkan sebagai pemilik baru. Intrik pun berlanjut, seperti kemunculan murid Eriol Hiiragizawa yang merupakan sebagian reinkarnasi Clow Reed, dan juga Syaoran yang selalu berusaha untuk mengungkapkan perasaannya pada Sakura.
Manga dan Anime
Buku yang diterbitkan terdiri dari 12 buah, dan seri anime berjumlah 70 episode dalam durasi 30 menit. Di Indonesia, seri ini ditayangkan oleh RCTI sebanyak 70 episode Setelah Sebelumya ditayangkan di TPI Selama 2 tahun ( Juli 1999-Nopember 2000) dengan translasi bahasa Indonesia selama 3 season (Clow Card, The Last Stand, dan Sakura Card). Bukunya diterbitkan oleh Elex Media Komputindo sejumlah 12 buah dengan format dibalik dengan pembacaan dari kiri ke kanan.
Cardcaptors
Cardcaptors adalah salah satu versi dari anime Cardcaptor Sakura, yang dibuat oleh Nelvana. Seri ini ditayangkan di wilayah Inggris dan Amerika Utara. Terdiri dari 70 episode, dimana Cardcaptors adalah versi khusus yang didesain untuk mengakomodasi pemirsa di Amerika dan Eropa. Hampir setengah dari cerita asli Cardcaptor Sakura dirampingkan, dan membuang berbagai hal yang dirasa “tidak sesuai dengan kebutuhan pemirsa” seperti beberapa adegan shonen-ai, yuri, dan yaoi. Akibatnya, beberapa episode dalam versi asli menjadi hilang atau hanya ditayangkan sebagian saja.
Kenyataannya, episode pertama Cardcaptors dimulai dari episode 8 Cardcaptor Sakura, semata untuk mengakomodasi Li Syaoran agar tampil sebagai salah satu tokoh cerita utama. Meskipun kemudian di Indonesia serial ini ditayangkan secara Full/penuh dari episode pertama sampai akhir di TPI 1999-2000 dan akhir tahun 2001, lalu RCTI Tahun 2002 sampai pertengahan 2003.
Teman & Sahabat
Syaoran
Sakura dan Syaoran adalah teman sejak kelas 4 SD. Awalnya, Syaoran sangat tidak menyukai Sakura, namun pada akhirnya Syaoran menyukai Sakura. Saat itu Sakura belum menyadarinya. Ia baru menyadarinya ketika Syaoran menyatakan perasaannya setelah peristiwa di Tokyo Tower. Sakura kaget mendengar hal itu. Sakura mencoba mencari tahu perasaannya itu pada temannya itu. Sakura baru menyadari perasaannya terhadap Syaoran , ketika Syaoran ingin kembali ke Hongkong. Syaoran membuatkan sebuah boneka beruang untuk Sakura. Setahun kemudian Sakura bertemu kembali dengan Syaoran. Dan sewaktu SMP mereka akhirnya jadian.Sakura sangat kaget ketika syaoran tiba-tiba muncul didepannya dan saat itu sakura yang sangat senang pun berlari dan memeluk syaoran….
Musik
Opening :
Catch You Catch Me (season 1), oleh : Gumi
Tobira wo Akete (season 2), oleh : ANZA
PURACHINA (season 3), oleh : Maaya Sakamoto
Ending :
Groovy! (season 1), oleh : Kami Hirose
Honey (season 2), oleh : Chihiro
Fruits Candy (season 3), oleh : Megumi Kojima
Media
Komik (Manga)
Di Indonesia, komik Cardcaptor Sakura diterbitkan oleh PT Elex Media Komputindo dengan judul Cardcaptor Sakura.

 
Cardcaptor Sakura (CLAMP)
 l • d • s 

Informasi
Cardcaptors
Daftar Media
Daftar Episode
Pengisi Suara
Album

Karakter
Keluarga Kinomoto:

Sakura | Toya | Fujitaka | Nadeshiko

Keluarga Li:

Syaoran | Meiling

Keluarga Daidouji:

Tomoyo | Sonomi

Berkemampun Magis:

Cerberus | Yue | Spinel Sun | Ruby Moon

Relasi dengan Clow:

Clow Reed | Eriol Hiiragizawa | Kaho Mizuki | Yukito Tsukishiro

Teman Sekelas:

Chiharu Mihara | Rika Sasaki | Takashi Yamazaki | Naoko Yanagisawa

Karakter lainnya:

Yoshiyuki Terada | Maki Matsumoto

Kartu Clow
A-F — G-R — S-Z

Posted from WordPress for Novia BlackBerry.

Leave a Reply for Novia

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s