Pasar Monopoli


 

  • Definisi Pasar Monopoli :

Pasar monopoli secara etimologis berasal dari bahasa Yunani : monos artinya satu dan polein artinya menjual. Jadi, pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar dan tidak ada penggantinya.

Pasar monopoli timbul akibat adanya praktek monopoli, yaitu pemusatan kekuatan ekonomi oleh satu pelaku usaha/penjual yang mengakibatkan dikuasainya produksi dan atau pemasaran atas barang dan jasa tertentu sehingga menimbulkan persaingan usaha tidak sehat dan dapat merugikan kepentingan umum.

Dengan demikian, produsen monopoli menghadapi kurva permintaan seperti kurva pasar yang memiliki slope negatif, yaitu menurun dari kiri atas ke kanan bawah. Karena produsen monopoli sebagai satu-satunya penjual, maka ia sebagai penentu harga (Price Maker/Price Setter).

Beberapa faktor suatu perusahaan memiliki kekuatan monopoli adalah :

  1. Perusahaan monopoli memiliki suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki perusahaan lain.

Salah satu sumber penting dari adanya monopoli adalah pemilikan sumber daya yang istimewa yang tidak dimiliki oleh orang atau perusahaan lain. Di suatu perekonomian, monopoli juga dapat berlaku apabila suatu perusahaan menguasai seluruh atau sebagian besar bahan mentah yang tersedia.

 

  1. Perusahaan monopoli pada umumnya dapat menikmati skala ekonomi (Economics of Scale) hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi.

Suatu perusahaan baru menikmati skala ekonomi yang maksimum bila tingkat produksinya adalah sangat besar jumlahnya. Pada waktu perusahaan mencapai keadaan dimana biaya produksi mencapai minimum, jumlah produksi adalah hamper menyamai jumlah permintaan yang wujud di pasar. Dengan demikian, sebagai akibat dari skala ekonomi yang demikian sifatnya, perusahaan dapat menurunkan harga barangnya apabila produksi semakin tinggi. Pada tingkat produksi yang sangat tinggi, harga adalah sedemikian rendahnya sehingga perusahaan-perusahaan baru tidak akan mampu bersaing dengan perusahaan yang terlebih dahulu berkembang. Keadaan ini mewujudkan pasar monopoli.

 

 

 

  1. Monopoli wujud yang berkembang melalui undang-undang, yaitu pemerintah memberi hak monopoli kepada perusahaan tersebut.

Peraturan-peraturan yang mewujudkan kekuasaan monopoli adalah (1)Hak paten dan hak cipta, dan (2)Hak usaha eksklusif.

 

  1. Ukuran pasar yang sangat kecil sehingga dengan satu produsen saja sudah bisa mencukupi permintaan pasar

 

  1. Produsen menetapkan kebijakan penetapan harga (Limit Pricing Policy), yaitu penetapan harga yang sangat rendah sehingga produsen baru tidak ikut masuk dalam pasar

 

  1. Penguasaan bahan mentah

 

  1. Adanya pengusaan teknik produksi tertentu

 

  1. Adanya lisensi (License)

 

  1. Adapun monopoli yang diperoleh secara alamiah

 

  1. Hasil pembinaan mutu dan spesifikasi yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain, sehingga lama kelamaan timbul kepercayaan masyarakat untuk terus menggunakan produk tersebut

 

  1. Modal yang besar

 

Monopoli yang Tidak Dilarang :

  • Monopoli by Law

Monopoli oleh negara untuk cabang-cabang produksi penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak.

  • Monopoli by Nature

Monopoli yang lahir dan tumbuh secara alamiah karena didukung iklim dan lingkungan tertentu.

  • Monopoli by Lisence

Izin penggunaan hak atas kekayaan intelektual.

 

  • Ciri-Ciri Pasar Monopoli

 

Ciri-ciri dari pasar monopoli:

 

  1. Pasar monopoli adalah industry perusahaan.

Dari definisi monopoli, telah diketahui bahwa hanya ada satu saja perusahaan dalam industri tersebut. Dengan demikian, barang atau jasa yang dihasilkannya tidak dapat dibeli dari tempat lain. Para pembeli tidak memiliki pilihan lain, kalau mereka menginginkan barang tersebut maka mereka harus membeli dari perusahaan monopoli tersebut. Syarat-syarat penjualan sepenuhnya ditentukan oleh monopoli itu, dan para pembeli tidak dapat berbuat suatu apapun didalam menentukan syarat jual beli.

 

  1. Tidak mempunyai barang pengganti yang mirip.

Barang yang dihasilkan perusahaan monopoli dapat digantikan oleh barang lain yang ada di pasar. Barang tersebut merupakan satu-satunya jenis barang yang seperti itu dan tidak terdapat barang mirip (Close Subtitute) yang dapat menggantikan barang tersebut.

 

  1. Tidak terdapat kemungkinan untuk masuk ke dalam industri.

Sifat ini merupakan sebab utama yang menyebabkan perusahaan memiliki kekuasaan monopoli. Keuntungan perusahaan monopoli tidak akan menyebabkan perusahaan-perusahaan lain memasuki industry tersebut. Adanya hambatan kemasukan yang sangat tangguh menghindarkan berlakunya keadaan yang seperti itu. Ada beberapa bentuk hambatan kemasukan ke dalam pasar monopoli. Ada yang bersifat legal, yaitu dibatasi oleh undang-undang. Ada yang bersifat teknologi, yaitu teknologi yang digunakan sangat canggih dan tidak mudah dicontoh. Dan ada pula yang bersifat keuangan, yaitu modal yang diperlukan adalah sangat besar.

 

  1. Dapat memengaruhi penentuan harga.

Oleh karena perusahaan monopoli merupakan satu-satunya penjual di dalam pasar, maka penentuan harga dapat dikuasainya. Oleh sebab itu, perusahaan monopoli dipandang sebagai penentu harga atau price setter.

 

  1. Promosi iklan kurang diperlukan.

Oleh karena perusahaan monopoli adalah satu-satunya perusahaan di dalam industry,  maka ia tidak perlu mempromosikan barangnya dengan menggunakan iklan. Pembeli yang memerlukan barang yang diproduksikannya terpaksa membeli daripadanya. Walau bagaimanapun perusahaan monopoli sering membuat iklan. Iklan tersebut bukanlah bertujuan untuk menarik pembeli, tetapi untuk memelihara hubungan baik dengan masyarakat.

 

 

Adapun  ciri-ciri lainnya dari Pasar Monopoli

  1.  Hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran
  2. Penampilan baik dalam bentuk lokasi penjualan maupun service merupakan upaya untuk mendapat laba maksimum
  3. Penjual tunggal ini tidak dipengaruhi dan tidak memengaruhi harga serta output dari produk-produk lain yang dijual dalam perekonomian.

 

 

Leave a Reply for Novia

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s