Implementasi Strategi


Analisa SWOT yaitu mengidentifikasi faktor kunci keberhasilan suatu perusahaan seperti kekuatan, kelemahan internal dan peluang, ancaman ekternal.

Kekuatan dan kelemahan diidentifikasi dengan cara melihat sumber daya spesifik dalam perushaan seperti :

  1. Lini produk
  2. Manajemen
  3. Penelitian dan pengembangan
  4. Produksi
  5. Pemasaran
  6. Strategi

Peluang dan ancaman diidentifikasi dengan cara melakukan analisis terhadap perusahaan dan industri para pesaing seperti :

  1. Hambatan untuk masuk
  2. Intensitas persaingan diantara para pesaing
  3. Tekanan dari produk pengganti
  4. Kekuatan posisi tawar pelanggan
  5. Kekuatan posisi tawar pemasok

 

Analisa value chain atau rantai nilai adalah analisa strategi nilai yang digunakan untuk  :

  1. Lebih memahami keunggulan kompetitif perusahaan,
  2. Mengidentifikasi nilai bagi pelanggan yang ditingkatkan atau biaya yang diturunkan untuk memahami hubungan perusahaan dnegan pemasok, pelanggan dan perusahaan lainnya dalam industri yang sama. Langkah untuk menganalisa rantai nilai yaitu :
    1. Mengidentifikasi aktivitas rantai nilai

Proses perancangan, produksi, dan penyedia layanan pelanggan.

  1. Mengembangkan keunggulan kompetitif

Dengan memotong biaya atau menambah nilai dengan memperhatikan hal – hal berikut, antara lain :

  • Mengidentifikasi keunggulan kompetitif (kepemimpinan biaya atau diferensiasi)
  • Mengidentifikasi  kesempatan  untuk  menambah  nilai
  • Mengidentifikasi  kesempatan  untuk  mengurangi  biaya
  • Mengeksploitasi kaitan antara aktivitas dalam mata rantai

 

Balance Scorecard

Pengertian Balance Scorecard adalah laporan kinerja berdasarkan ukuran keuangan dan non keuangan yang luas untuk memahami dan mengimplementasikan strateginya. Perspektif atau pengelompokan CSF yaitu :

  1. Perspektif keuangan (ukuran kinerja keuangan seperti pendapatan operasional dan arus kas),
  2. Perspektif pelanggan (ukuran kepuasan pelanggan),
  3. Perspektif proses internal (ukuran produktivitas dan kecepatan),
  4. Pembelajaran dan inovasi (ukuran jumlah jam pelatihan karyawan dan jumlah paten atau produk baru).

Keuntungan balance scorecard, yaitu :

  1. Sarana mengimplementasikan strategi dengan mengalihkan perhatian manajemen pada CSF yang secara strategis relevan dan memberikan penghargaan atas pencapaian faktor ini.
  2. Kerangka kerja yang digunakan untuk memberi perhatian dan penghargaan atas pencapaian strategi baru.
  3. Basis yang adil dan objektif untuk menentukan kompensasi dan promosi dari setiap manajer.
  4. Kerangka kerja yang mengkoordinasikan seluruh usaha perusahaan untuk mencapai CSF, sehingga BSC memungkinkan manajer melihat aktivitas mereka memberikan kontribusi bagi kesuksesan pihak lain.

Keterbatasan balance scorecard, yaitu :

  1. Menyajikan ukuran yang akurat atas setiap elemen data scorecard.
  2. Meyakinkan bahwa informasi ditangani secara rahasia jika semestinya demikian.
  3. Mendapatkan pelaporan yang tepat waktu dan pantas atas beberapa elemen dalam scorecard.

Balance scorecard merefleksikan strategi sebagai jalan dua arah untuk membantu manajemen mengimplementasikan stategi dan juga merefleksikan strategi.

 

Peta strategi atau strategi map

Pengertian Peta strategi atau strategi map adalah diagram sebab akibat dari hubungan antara persfektif BSC. Peta strategi digunakan manajer untuk menunjukkan pencapaian CSF di tiap perspektif mempengaruhi pencapaian tujuan di perspektif lainnya sampai pada akhir kinerja keuangan dari perusahaan secara keseluruhan.

ue!�<:�)�d#/span>

 

  1. Riset dan pengembangan
  2. Perancangan produk termasuk membuat prototype dan pengujian
  3. Produksi atau pembuatan, inspeksi, pengepakan, dan penggudangan
  4. Pemasaran, promosi dan distribusi
  5. Penjualan dan pelayanan.

10. The Balanced Scorecard

Akuntansi melaporkan kinerja perusahaan berdasarkan faktor keberhasilan dalam empat dimensi, yaitu :

  1. Kinerja keuangan
  2. Pengukuran profiabilitas
  3. Kepuasan pelanggan
  4. Kepuasan mengukur kualitas pelayanan dan rendahnya biaya dibandingkan dengan perusahaan lain sebagai indikator seberapa baik perusahaan memuaskan pelanggan
  5. Proses bisnis internal
  6. Mengukur efisiensi dan efektifitas perusahaan dalam memproduksi produk dan jasa
  7. Inovasi dan pembelajaran
  8. Mengukur kemampuan perusahaan mengembangkan dan memanfaatkan sumber daya manusia sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

 

Mengembangkan strategi kompetitif yaitu dengan fokus pada pelanggan.

Leave a Reply for Novia

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s